Kamis, 27 Maret 2014

Jadilah seperti lebah

"Rasulullah Saw, bersabda,"Perumpamaan orang yang beriman itu bagaikan lebah. Ia Makan yang bersih, mengeluarkan sesuatu yang bersih pula , hinggap ditempat yang bersih, dan tidak merusak atau mematahkan (yang dihinggapinya)." (HR Ahmad)


Seorang Mukmin adalah manusia yang memiliki sifat-sifat unggul.  Sifat-sifat itu membuatnya memiliki keistimewaan dibandingkan dengan manusia lainnya, sehingga dimanapun dia berada, kemanapun dia pergi, apa yang dialakukannya, peran dan tugas apapun yang dia embanakan selalu membawa manfaat dan maslahat bagi orang lain.  Seperti yang dijelaskan oleh rasullah Saw, " Manuasia paling baik adalah yang paling banyak memberikan manfat bagi manusia lainnya."
Dari Pernyataan hadist diatas mengisaratkan agar kita meniru sifat-sifat positip yang dimilki oleh lebah. Sifat-sifat apa sajakah yang seharusnya dimiliki oleh seorang Mukmin, adalah sebagai berikut :

1.  Hinggap di Tempat yang Bersih dan Menyerap hanya yang Bersih
     Lebah hanya hinggap di tempat-tempat pilihan, Ia hanya mendatangi bunga-bunga atau buah-buahan atau tempat-tempat bersih lainnya yang mengandung bahan madu atau nektar. Begitu pula sifat seorang mukmin, Allah SWT berfirman." Hai Manusia makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah setan: karena sesungguhnya setan adalah musuh yang nyata bagimu." (QS. Al-Baqarah (2):168)
Karenanya jika ia mendapatkan amanah, dia akan menjaganya dengan sebaik-baiknya.  Ia tidak akan melakukan korupsi, dusta, pencurian, dan penyalahgunaan wewenang . Sebab segala kekayaan hasil perbuatan-perbuatan tadi diatas adalah merupakan  suatu keburukan.

2.  Mengeluarkan yang Bersih
        Siapa yang tak kenal dengan madu lebah, semua tahu bahwa madu mempunyai khasiat untuk kesehataan manusia.  Tapi dari organ tubuh manakah keluarnya madu itu? itulah salah satu keistimewaan lebah, dia memakan sesuatu yang baik dan bersih, maka apa yang dikeluarkanya pun hal yang baik  pula.
Seorang mukmin adalah orang yang produktif dengan kebaikan terutama dalam bentuk ibadah ritual, maka segala yang akan keluar dari dirinya adalah hal kebaikan, hatinya jauh dari prasangka buruk,iri,dengki,lidahnya tidak mengeluarkan kata-kata kecuali yang baik, perilakunya tidak menyengsarakan orang lain melainkan justru membahagiakan , hartanya bermanfaat bagi banyak manusia.

3.  Tidak Pernah merusak
         Lebah tidak pernah merusak atau memahtahkan ranting yang dia hinggapi , begitulah seorang mukmin.  Dia tidak pernah melakukan perusakan dalam hal apapun baik material maupun non material.  Bahkan dia selalu melakukan perbaikan-perbaikan terhadap yang dilakukan orang lain dengan cara-cara yang tepat.  Dia melakukan perbaikan Aqidah, Akhlak, dan Ibadah dengan cara berdakwah.  mengubah kezhaliaman apapun bentuknya dengan cara berusaha menghentikan kezhaliman

4.  Senang Bekerja Keras
   Lebah adalah pekerja keras, ketika pertama kali dari biliknya(menetas) lebah pekerja membersihkan bilik sarangnya untuk telur baru dan setelah tiga hari ia memberi makan larva, dengan membawakan serbuk sari madu.  dan begitulah hari-harinya penuh semangat berkarya dan beramal. 
Kerja keras  dan semangat pantang mundur itu lebih dituntut lagi dalam menegakan keadilan

5.  Bekerja secara Jamaah dan Tunduk pada satu Pimpinan
       lebah selalu hidup dalam koloni besar, tidak pernah menyendiri.  Mereka pun bekerja secara kolektif, dan masing -masing mempunyai tugas sendiri-sendiri.  Ketika mereka mendapatkan sumber sari madu, mereka akan memanggil teman-temannya untuk menghisapnya, demikian pula ketika dalam hal bahaya, seekor lebah akan mengeluarkan feromon(suatu zat kimia yang dikeluarkan oleh binatang tertentu untuk memberi isarat tertentu).  Untuk mengundang teman-temannya agar membantu dirinya.

6.  Tidak Pernah melukai kecuali Diganggu
       Lebah tidak pernah memulaimenyerang.  Ia akan menyerang hanya manakala merasa terganggu atau terancam.  Dan untuk mempertahankan "kehormatannya"umat lebah itu, mereka rela mati dengan melepas sengatannya ketubuh pihak yang menyerang,
Sikap seorang mukmin  : Musuh tidak dicari, tetapi jika ada, jangan lari

Itulah Beberapa karakter lebah yang patut ditiru oleh orang-orang yang beriman.  Bukanlah sia-sia Allah menyebut nyebut dan mengabadikan binatang kecil itu dalam Al-Quran sebagai salah satu nama surat.
     
Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda kebesaran Tuhan bagi orang yang memikirkan." [QS. An-Nahl : 69]










Tidak ada komentar:

Posting Komentar